05 Mei, 2009

menambal ban tubeless mudah


Bagi yang suka berkendara apalagi yang sering ambil jarak jauh seperti mau mudik lebaran, dinas luar kota dengan membawa kendaraan sendiri , masalah ban tentu sering ditemui dan harus diwaspadai. Meskipun ban masih baru ,tapi kalo lagi apes, kempes juga ketusuk benda lancip seperti paku dan semacamnya…. Lalu ban itu di gantikan dgn ban serep dan ban yg kempes dibawa ke tukang tambal ban . Apa yg yang dilakukan tukang tambal ? Kiamat lah sudah ban baru kita. Ban yang tadinya utuh sekarang ditusuk dengan alat tusuk yang segede kelingking. Ban yang tadinya bocor hanya segede jarum dibuat bolong kaya mulut pipa. Itu mah namanya tambal ban tubles!

Setelah dibolongin, tali serabut disumbatkan ke bolongan ban dengan regangan yg cukup potensial untuk semakin merusak ban. Mulai dari bahan karetnya , anyaman benangnya sampai anyaman kawatnya dibikin sobek dan putus berantakan ,shg ban kita menjadi semakin lemah. Inilah bentuk kiamat dari ban kita setelah mem- bayar ongkos tambal 8 - 10 ribu perak. Untuk pertama kalinya tambalan mungkin masih bisa bertahan selama beberapa minggu atau bulan. Tapi jika bocor lagi dititik yang sama kagak bisa lagi disumbat dengan tali serabut itu. Tapi harus mengguna- kan ban dalam !!!!!! Emangnya enak pake ban dalam ?
Inilah cara yang jauh lebih unggul (dalam hal kekuatan, tidak merusak sama sekali) hemat waktu , biaya dan tenaga , dan …… dapat dikerjakan sendiri tanpa melepas roda.









Begini caranya:







1.Dongkraklah roda yang bannya bocor, gak perlu dilepas. Lalu putar setir
agar ban mengarah keluar spatbor.

2.Pompa ban sampai penuh

3.Putar Ban perlahan sambil disirami air agar tampak lubang kebocoran.
4.Tandai daerah bocor (sebaiknya lingkari pake tip-ex).

5.Cucilah hingga bersih daerah bocor itu lalu dilap dengan lap kering.

6.Setelah kering tetesi dengan lem power/super glue sambil dibantu dgn menusukan benda lancip seperti paku kecil yg bersih sehingga lem meresap ke dalam lubang. 7.Lalu tunggu kering selama beberapa menit.

8.Lalu pompa lagi sampai penuh.

9. turunkan dongkrak.



Pekerjaan menambal selesai. Cukup dengan lem power/super glue yang harganya Rp.1000 saja.
Apa keunggulannya?






1. Kuat dan anti gagal. Daya adesif lem power/super glue lebih tinggi dibanding daya kohesif karet sendiri
2. titik ini menjadi lebih kuat daripada bagian yang lain. Tidak ada bagian yang mungkin copot atau terpental, karena hanya menggunakan lem. Life time guarantie!
3. Tidak terjadi pelemahan sedikitpun pada jaringan ban.
4. Tidak menambah massa yang mempengaruhi balancing.
5. Tidak akan pernah membutuhkan ban dalamsepanjang umur ban.
6. Tidak tergantung pada orang lain dan tukang tambal ban maupun alat-alat yang lebih rumit.
7. Dapat dilakukan sendiri dengan mudah , cukup bermodalkan sebuah lem power/super glue Rp.1000 saja dan satu buah pompa sepeda anak-anak di rumah, dan dongkrak yang sudah ada.
8. Satu tabung kecil lem power/super glue dapat menambal puluhan titik bocor.
9. Kondisi ban tetap utuh, seolah-olah ban tidak pernah rusak jaringan karet, benang dankawat ban.Selamat mencoba.

[+/-] lebih lanjut...

0 pesan di terima:

Posting Komentar