05 Mei, 2009

fungsi spoiler dan body kit


Komponen yang sering dipakai untuk modifikasi adalah adanya aplikasi Wing dan Body Kit. Mulai dari bahan dan bentuknya pun bermacam-macam, ada juga yang sudah berupa barang jadi alias add-on ataupun yang bikinan sendiri atau model custom.

Wing
Penggunaan sayap / wing dibagian buritan (belakang) pada awalnya hanya dipakai pada mobil-mobil yang akan bertarung diarena balap untuk meningkatkan traksi ban, karena wing dipercaya mampu mengontrol arah angin yang datang ke mobil sehingga mobil mendapat daya tekan lebih pada bagian buritan (Downforce) agar bisa tetap melaju dengan mulus diatas aspal tanpa melayang ataupun melintir saat menikung. Bentuk umumnya wing memiliki tiang penyangga yang cukup tinggi dengan lembaran karbon yang didesain cukup besar dan lekukan yang sporty sedikit terlihat kaku dan berat.

Karena dipergunakan dalam ajang balap, maka dari itu bahan yang dipergunakan pun berupa karbon karena selain lebih kuat tapi juga ringan dibandingkan dengan model fib
er yang cepat patah ataupun yang berbahan lempengan besi yang terlalu berat. Dalam perkembangannya, saat ini sudah banyak wing hanya untuk penggunaan aksesoris modifikasi ringan berbagai jenis mobil. Modelnya pun ada yang sudah asli dibuat pihak pabrik seperti wing add-on yang kebanyakan berbahan karbon dan ada pula yang model custom yang biasanya dibentuk dari bahan fiber oleh modifikator untuk keperluan fashion saja.

Untuk model add-on pemasangan tidak membutuhkan waktu lama karena barang sudah tersedia sedangkan untuk model custom membutuhkan waktu yang agak lama sekitar 3 hari sampai seminggu, mulai dari pembuatan hingga pemasangan. Harga yang diterapkan pun bervariasi, yang pasti untuk wing berbahan karbon lebih mahal dibandingkan dengan yang berbahan material fiber. Untuk pemasangannya, antara wing dengan kap bagasi awalnya harus diberikan sealant dahulu agar posisinya presisi, kemudian diikatkan oleh mur dan baut, jadi bagasi harus dilubangi seukuran diameter mur dengan presisi agar tidak ada
lubang lebih yang dapat dimasuki air.
Body Kit
Body kit itu terdiri dari bemper (Bumper) depan dan belakang, bagian samping (Side Skirt), area fender dan juga belakang atas (spoiler / ducktail). Jika pihak pabrikan seperti Mugen ataupun AMG, dalam membuat bodykit pasti telah membuat desain yang dapat memaksimalkan fungsi aerodinamis body, jadi tiap bagian dari body kit memiliki fungsi masing-masing, namun bukan berarti yang custom tidak memiliki kualitas desain yang aerodinamis, karena jika bengkel modifikasinya professional, pastinya akan membuat desain yang presisi dan mampu mengejar fungsi aerodinamika.

Untuk bagian body kit yang berada dibagian bawah, seperti bumper dan side skirt, sebenarnya dibuat untuk lebih mendekatkan jarak bodi ketanah guna memperkecil masuknya angin dari bawah sehingga pada kecepatan tinggi dapat mengurangi daya limbung / melayang, namun penggunaannya saat ini lebih kepada segi fashion modifikasi saja, terutama buat body kit custom yang desainnya tidak memperhitungkan segi aerodinamika.

Selanjutnya adalah body kit bernama spoiler yang umumnya dibuat untuk diletakkan di bagian buritan / belakang seperti bagasi atau untuk mobil tanpa bagasi dibagian belakang atas kaca belakang. Bentuk spoiler itu menyerupai wing, hanya saja spoiler itu cenderung berbentuk lebih landai dan kecil dan umumnya langsung menempel pada body. Fungsi spoiler sebenarnya didesain untuk lebih membantu fungsi body kit bagian bawah, yaitu untuk mengurangi gejala melayang saat mobil melaju (Fungsi Aerodinamika). Saat ini aplikasi spoiler bisa dipergunakan pada setiap kendaraan non bagasi maupun bagasi, baik itu untuk kendaraan kontes ataupun kendaraan harian karena mampu membuat penampilan mobil standar tampak lebih sporty look.

Bentuk spoiler yang memiliki ukuran lebih kecil dengan desain lekukan mengara keatas layaknya ekor itik serta terlihat lebih menyatu dengan body belakang dikenal dengan sebutan ducktail. Placement spoiler ataupun ducktail tidak selalu diatas bagasi mobil tetapi bisa juga diletakkan dibibir roof belakang mobil bagi kendaraan yang tidak ada bagasinya. Bahannya pun ada dua macam, karbon dan fiber. Untuk yang berbahan fiber, model custom, mulai dari pembuatan hingga pemasangan bisa memakan waktu kira-kira 3 sampai 4 hari. Sedangkan untuk model add-on berbahan karbon, tinggal disesuaikan dengan jenis kendaraanya saja.





Source : http://www.situsotomotif.com


[+/-] lebih lanjut...

1 pesan di terima:

Anonim mengatakan...

nice info

Posting Komentar