18 Oktober, 2008

capasitor bank berfungsi sebagai celengan listrik dari aki sebelum disalurkan

Tahu capasitor bank? Pasti ente tahu lha, itu lho tabung berfungsi sebagai celengan listrik dari aki sebelum disalurkan. Biasanya sih dipakai untuk keperluan audio, supaya accu enggak tekor dan tetap awet meski menggunakan watt besar.

Tahu capasitor bank? Pasti ente tahu lha, itu lho tabung berfungsi sebagai celengan listrik dari aki sebelum disalurkan. Biasanya sih dipakai untuk keperluan audio, supaya accu enggak tekor dan tetap awet meski menggunakan watt besar.

Nah, di motor pun bisa dipakai bila sampeyan mengunakan variasi yang banyak menyedot arus. Seperti lampu rotator, strobo, spot light, klakson dan audio. Walaupun pakai aki 12 volt enggak bakal ngedrop meski semua perangkat aktif.

Capacitor bank atau bisa diesbut kapasitor bank fungsinya sebagai penyetabil dari aki yang ditampung dulu dan baru disalurkan. “Tetapi ada maksimalnya, nggak boleh over dari daya yang sanggup dikeluarkan oleh kapasitor bank,” ucap Wira Sentosa dari SACH (Specialist Auto Colour Speedo) di Pondok Gede, Bekasi.

Biasanya di buku petunjuk kapisitor bank dicantumkan daya yang sanggup ditampung dan dikeluarkan. Misal 500 watt atau 1.000 watt, lebih dari ketentuan bakal tekor.

Untuk di motor sih cukup pakai kapasitor bank 0,5 farad (f). Dapat melayani pemakaian arus sampai 500 watt. Tetapi jangan lupa kalau beli, pastikan tegangannya harus 12 volt.

Untuk mencarinya tinggal datangi toko audio. Harga tergantung merek, buatan Taiwan berkisar Rp 450-600 ribu. “Sanggup melayani sekaligus lampu, audio, klakson, rotator sampai spot light,” tegas Wira.

Untuk pemasangan kabel plus (+) dan minus (-) dari aki dipasang ke terminal + dan – di kapasitor. Begitu juga dengan kabel yang semula ngambil langsung dari aki dipindahkan ke terminal kapasitor (lihat skema). “Enggak sulit kok masangnya, tinggal dipararelkan,” lanjutnya.

Karena ukuran kapasitor besar, sulit untuk menyimpannya. Bagi pemilik skubek sih gampang tinggal ditaruh dalam bagasi bawah jok. Lain hal di bebek atau sport yang harus disiasati tempatnya. Bisa di depan, belakang atau samping. Tinggal didesain sehingga membuat tampilan tunggangan jadi tetap menawan dan fungsional.lihat gambar 2

www.motorplus-online.com

[+/-] lebih lanjut...

0 pesan di terima:

Posting Komentar